Strategi Penjualan dan Teknik Penjualan yang Efektif
Strategi penjualan merupakan cara-cara di dalam proses penjualan yang
dapat memberikan efek peningkatan pada nilai penjualan. Strategi
penjualan dibutuhkan agar pelanggan merasa senang dengan gaya berjualan
yang Anda lakukan.
Ada orang-orang yang menjalankan usaha bisnisnya dengan strategi
penjualan yang salah, sehingga pihak konsumen malah merasa tidak nyaman
dengan proses penjualan tersebut. Konsumen akan merasa muak, bahkan
merasa risih dengan kehadiran dan cara-cara Anda dalam berjualan sebuah
produk atau layanan jasa.
Strategi penjualan yang unik dan kreatif akan menjadikan para
konsumen lebih tertarik dibandingkan dengan cara-cara monoton yang sudah
biasa dilakukan orang. Sebagai pengelola usaha bisnis, Anda harus mampu
membangun strategi penjualan jauh-jauh hari sebelum Anda memulai sebuah
usaha bisnis. Dengan adanya strategi penjualan yang baik dan jelas,
maka dapat dilihat tingkat penjualan yang meningkat pada saat proses
evaluasi.
Bagaimana sebetulnya cara-cara untuk mewujudkan sebuah strategi
penjualan yang terbukti menarik minat para konsumen? Berikut ini
beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan terkait dengan strategi
penjualan yang diminati konsumen:
1. Kualitas produk atau layanan jasa yang diberikan
Sebelum Anda sibuk merancang strategi penjualan yang mantap, pastikan lebih dahulu bahwa kualitas dari produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan memang patut untuk dibanggakan. Ini secara langsung merupakan hal yang akan ditanyakan oleh konsumen pada saat akan membeli atau memakai layanan jasa. Jangan sesekali menipu pelanggan dengan tawaran kualitas produk atau layanan jasa yang Anda berikan, tak masalah jujur meskipun mungkin kualitas produk atau jasa Anda tidak sama dengan harapan konsumen.
Sebelum Anda sibuk merancang strategi penjualan yang mantap, pastikan lebih dahulu bahwa kualitas dari produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan memang patut untuk dibanggakan. Ini secara langsung merupakan hal yang akan ditanyakan oleh konsumen pada saat akan membeli atau memakai layanan jasa. Jangan sesekali menipu pelanggan dengan tawaran kualitas produk atau layanan jasa yang Anda berikan, tak masalah jujur meskipun mungkin kualitas produk atau jasa Anda tidak sama dengan harapan konsumen.
Jikalau misalnya produk yang Anda tawarkan atau layanan jasa yang
Anda berikan memang kurang berkualitas, pastikan bahwa produk atau
layanan Anda memiliki keunggulan tertentu yang tidak didapati pada
produk atau jasa yang ditawarkan pihak lain. Sehingga konsumen memiliki
alasan yang kuat untuk tetap membeli produk atau layanan jasa yang Anda
tawarkan.
2. Pelayanan yang baik pada saat proses penjualan
Di dalam menjalankan strategi penjualan yang baik, satu hal yang
harus senantiasa Anda ingat adalah bahwa pembeli adalah raja. Artinya
Anda sebagai penjual harus memberikan pelayanan sebaik-baiknya terhadap
para konsumen. Jangan sepelekan gaya bertutur kata, sikap, respon, cara
menjawab pertanyaan konsumen dan sebagainya. Jangan sekali-kali bersikap
kasar pada pelanggan, atau berwajah angkuh kepada para konsumen, karena
akan berdampak pada pencitraan bisnis yang Anda kelola.
Di dalam hal ini, sangat penting menumbuhkan sikap sabar terhadap
konsumen. Terkadang memang ada banyak hal yang membuat pihak pengelola
bisnis menjadi terpancing emosi. Untuk hal ini memang diperlukan upaya
pengelolaan emosional yang baik terutama untuk mereka yang bekerja
sebagai penjual atau marketing
.
3. Promosi dan promosi
Strategi penjualan yang paling ampuh tak lain adalah upaya promosi
yang maksimal. Sehebat apapun produk atau jasa layanan yang Anda
berikan, jika tidak ada upaya promosi yang maksimal, maka angka
penjualan Anda akan biasa saja. Namun sebaliknya, meskipun kualitas
produk atau layanan Anda biasa saja, tapi promosi berjalan maksimal,
maka hasilnya akan akan lebih berefek.
Promosi sebagai bagian dari strategi penjualan yang cukup ampuh
berguna untuk memperkenal sebuah produk kepada masyarakat, tentang
bagaimana kualitasnya maupun cara penggunaannya. Produk usaha baru juga
penting diperkenalkan melalui kegiatan promosi.
Beberapa strategi penjualan di atas bisa langsung Anda coba untuk
meningkatkan angka penjualan produk usaha atau layanan jasa usaha
bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar